Minggu, 10 September 2023

Seputar Rumah' Krong Bade sebagai Rumah' Adat Aceh

 Seputar Rumah' Krong Bade sebagai Rumah' Adat Aceh



Rumah Krong Bade adalah rumah adat dari Provinsi Aceh.Rumah Krong Bade juga biasa dikenal dengan nama rumoh Aceh.


Rumah ini mempunyai tangga depan yang digunakan bagi tamu atau orang yang tinggal untuk masuk ke dalam rumah.Rumah Krong Bade adalah salah satu budaya Indonesia yang hampir punah.


Rumah Krong Bade saat ini sudah jarang dipakai karena hampir sebagian masyarakat aceh memilih untuk tinggal di rumah modern.


Hal ini dikarenakan harga pembangunan rumah modern jauh lebih murah dibandingkan dengan Rumah Krong Bade. Selain biaya pembangunan, biaya perawatan Rumah Krong Bade juga memakan biaya yang tidak sedikit.



*Ciri Khas


Rumah Krong Bade memiliki beberapa ciri khas. Tidak semua Rumah Krong Bade mempunyai bentuk yang sama, tetapi ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari Rumah Krong Bade.


Rumah Krong Bade memiliki tangga di bagian depan rumah bagi orang-orang yang akan masuk ke dalam rumah.Rumah Krong Bade memiliki tangga karena tinggi rumah yang berada beberapa meter dari tanah.


 Umumnya, tangga Rumah Krong Bade dari tanah adalah 2,5-3 meter.Jumlah anak tangga Rumah Krong Bade umumnya ganjil

 

Rumah Krong Bade memiliki bahan dasar yaitu kayu. Rumah Krong Bade juga memiliki banyak ukiran pada dinding rumahnya. tetapi banyaknya ukiran pada Rumah Krong Bade bergantung dari kemampuan ekonomi pemilik rumah.


Ukiran ini pun tidak sama satu dengan yang lain.Rumah Krong Bade berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat.Atap Rumah Krong Bade terbuat dari daun rumbia.

___

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar